Pengertian SKL merupakan
Kemampuan Lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan sesuai
dengan Standar Nasional yang telah di sepakati. Manfaat SKL sebagai pedoman
penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan
meliputi seluruh mata pelajaran atau kelompok mata.
Beban belajar dirumuskan dalam satuan
waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik dalam mengikuti program pembelajaran
melalui sistem tatap muka, penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak
terstruktur dengan memperhatikan tingkat
perkembangan peserta didik
SKL ditetapkan oleh kepala sekolah setelah memperhatikan
pertimbangan komite sekolah. Penyususnan
KTSP melibatkan guru, peserta didik, tenaga kependidikan, komite sekolah sesuai
dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan masyarakat. Berikut ini SKL sesuai
dengan permendiknas no 23 tahun 2006
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN SEKOLAH DASAR
(SD)/ MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
A .
Pendidikan
Agama Islam SD/MI
1.
Menyebutkan,
menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai
surat Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq
2.
Mengenal dan meyakini
aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan
Qadar
3.
Berperilaku terpuji
dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari perilaku tercela
4.
Mengenal dan melaksanakan
rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata
cara pelaksanaan ibadah haji
5.
Menceritakan kisah
nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah
tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi
B.
Pendidikan
Agama Kristen SD
1.
Memahami kasih Allah
melalui keberadaan dirinya
2.
Menanggapi kasih
Allah dengan mengasihi orangtua, keluarga dan teman
3.
Beribadah kepada
Tuhan sebagai ucapan syukur melalui doa dan membaca Alkitab
4.
Memelihara ciptaan Allah lainnya dalam hidup
sehari-hari
C.
Pendidikan
Agama Katolik SD
1.
Peserta didik
menguraikan pemahaman tentang pribadinya sebagai karunia Tuhan dan
mengungkapkan rasa syukurnya dengan berdoa, bernyanyi serta melakukan
perbuatan-perbuatan nyata
2.
Peserta didik
memahami dan mencintai Allah sebagai Bapa Pencipta dan Penyelenggara seperti
dikisahkan Kitab Suci Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dan meneladani Yesus
Kristus sebagai Penyelamat hidup umat manusia.
3.
Peserta didik
memahami Gereja sebagai persekutuan Umat Allah dan sebagai Sakramen keselamatan
yang diutus ke dalam dunia dan Roh Kudus yang diutus Yesus sebagai jiwa Gereja
yang senantiasa menyertainya.
4.
Peserta didik memahami hidup beriman yang
terlibat dalam masyarakat sebagai perwujudan imannya.
D.
Pendidikan
Agama Hindu SD
1.
Meyakini
kemahakuasaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Maha Pencipta, Tri Murti, Tri
Purusa dan Cadhu Sakti
2.
Memahami ajaran Panca Sradha dan Tri Sarira
3.
Memahami ajaran
Susila yang meliputi: Tri Kaya Parisudha, Tri Mala, Catur Paramita, Tri
Parartha, Panca Yama, Panca Nyama Bratha, Catur Guru, Dasa Yama dan Dasa Nyama
Bratha dalam kehidupan sehari-hari
4.
Mendemonstrasikan
pemahaman sikap-sikap sembahyang Tri Sandhya dan sarana sembahyang
5.
Menerapkan Panca
Yadnya secara Nitya Karma dan Naimitika Karma dalam kehidupan sehari-hari
6.
Memahami Weda sebagai
kitab suci dan wahyu Sang Hyang Widhi (Tuhan)
7.
Memahami orang suci
agama Hindu dan tugas dan kewajiban orang suci
8.
Memahami hari-hari
suci keagamaan dan dasar-dasar hari suci (Wariga)
9.
Mengenal pemimpin
yang baik dan patut diteladani di wilayahnya
10.
Memahami Bhuana Agung
dan Bhuana Alit
11.
Memahami tari-tari
Keagamaan, lagu-lagu kerohanian (Yadnya), dan sejarah perkembangan Hindu
sebelum dan sesudah kemerdekaan
E.
Pendidikan
Agama Buddha SD
1.
Beriman kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan Tri Ratna dengan mengetahui fungsi serta terefleksi dalam
moralitas (sila), meditasi (samadhi), dan kebijaksanaan (panna)
2.
Memiliki kemampuan
dasar untuk memahami dan meyakini agamanya serta menerapkannya dalam bertutur,
berbuat dan berperilaku
3.
Membaca Paritta dan
Dhammapada serta mengerti artinya
4.
Beribadah (kebaktian)
dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan masingmasing aliran
5.
Meneladani sifat,
sikap dan kepribadian Buddha, Bodhisattva, dan para siswa utama Buddha
6.
Memiliki kemampuan
dasar berpikir logis, kritis, dan kreatif untuk memecahkan masalah
7.
Memahami sejarah
kehidupan Buddha Gotama 8. Memahami lambang-lambang agama Buddha
8.
Memiliki bekal
pengetahuan dan kemampuan untuk melanjutkan pendidikan di SMP
F.
Pendidikan
Kewarganegaraan SD/MI
1.
Menerapkan hidup
rukun dalam perbedaan
2.
Memahami dan
menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
3.
Memahami kewajiban
sebagai warga dalam keluarga dan sekolah
4.
Memahami hidup tertib
dan gotong royong
5.
Menampilkan sikap
cinta lingkungan dan demokratis
6.
Menampilkan perilaku
jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari,
sesuai dengan nilai-nilai pancasila
7.
Memahami sistem
pemerintahan, baik pada tingkat daerah maupun pusat
8.
Memahami makna
keutuhan negara kesatuan Republik iIndonesia, dengan kepatuhan terhadap
undang-undang, peraturan, kebiasaan, adat istiadat, kebiasaan, dan menghargai
keputusan bersama
9.
Memahami dan
menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa
10.
Memahami hubungan
Indonesia dengan negara tetangga dan politik luar negeri
G.
Bahasa
Indonesia SD/MI
1.
Mendengarkan
Memahami
wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman,
berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta karya sastra
berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun dan cerita rakyat
2.
Berbicara
Menggunakan wacana
lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan
perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon,
diskusi, pidato, deskripsi peristiwa dan benda di sekitar, memberi petunjuk,
deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai
karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama, dan puisi
3.
Membaca
Menggunakan
berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan
berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan,
cerita, dan drama
4.
Menulis
Melakukan
berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog,
formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya
sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, dan pantun h.
H.
Matematika
SD/MI
1.
Memahami konsep
bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
2.
Memahami bangun datar
dan bangun ruang sederhana, unsur-unsur dan sifatsifatnya, serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
3.
Memahami konsep
ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume, sudut, waktu, kecepatan,
debit, serta mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
4.
Memahami konsep
koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari
5.
Memahami konsep
pengumpulan data, penyajian data dengan tabel, gambar dan grafik (diagram),
mengurutkan data, rentangan data, rerata hitung, modus, serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
6.
Memiliki sikap
menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
7.
Memiliki kemampuan
berpikir logis, kritis, dan kreatif
I.
Ilmu
Pengetahuan Alam SD/MI
1.
Melakukan pengamatan
terhadap gejala alam dan menceritakan hasil pengamatannya secara lisan dan
tertulis
2.
Memahami penggolongan
hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia, upaya
pelestariannya, dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya
3.
Memahami bagian-bagian
tubuh pada manusia, hewan, dan tumbuhan, serta fungsinya dan perubahan pada
makhluk hidup
4.
Memahami beragam
sifat benda hubungannya dengan penyusunnya, perubahan wujud benda, dan
kegunaannya
5.
Memahami berbagai
bentuk energi, perubahan dan manfaatnya
6.
Memahami matahari
sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan permukaan bumi, dan hubungan
peristiwa alam dengan kegiatan manusia
J.
Ilmu
Pengetahuan Sosial SD/MI
1.
Memahami identitas
diri dan keluarga, serta mewujudkan sikap saling menghormati dalam kemajemukan
keluarga
2.
Mendeskripsikan
kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga, serta kerja
sama di antara keduanya
3.
Memahami sejarah, kenampakan
alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
4.
Mengenal sumber daya
alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan
provinsi
5.
Menghargai berbagai
peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku bangsa serta kegiatan
ekonomi di Indonesia
6.
Menghargai peranan tokoh pejuang dalam
mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
7.
Memahami perkembangan
wilayah Indonesia, keadaan sosial negara di Asia Tenggara serta benua-benua
8.
Mengenal gejala
(peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga, serta dapat
melakukan tindakan dalam menghadapi bencana alam
9.
Memahami peranan
Indonesia di era global
K.
Seni
Budaya dan Keterampilan SD/MI
Seni Rupa
1.
Mengapresiasi dan
mengekspresikan keartistikan karya seni rupa terapan melalui gambar ilustrasi
dengan tema benda alam yang ada di daerah setempat
2.
Mengapresiasi dan
mengekspresikan keartistikan karya seni rupa murni melalui pembuatan relief
dari bahan plastisin/tanah liat yang ada di daerah setempat
3.
Mengapresiasi dan
mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara dengan motif hias melalui
gambar dekoratif dan ilustrasi bertema hewan, manusia dan kehidupannya serta
motif hias dengan teknik batik
4.
Mengapresiasi dan
mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara dengan motif hias melalui
gambar dekoratif dan ilustrasi dengan tema bebas
5.
Mengapresiasi dan
mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara melalui pembuatan benda
kreatif yang sesuai dengan potensi daerah setempat
Seni Musik
1.
Mengapresiasi dan
mengekspresikan karya seni musik dengan memperhatikan dinamika melalui berbagai
ragam lagu daerah dan wajib dengan iringan alat musik sederhana daerah setempat
2.
Mengapresiasi dan
mengekspresikan karya seni musik dengan ansambel sejenis dan gabungan terhadap
berbagai musik/lagu wajib, daerah dan Nusantara
3.
Mengapresiasi dan
mengekspresikan karya seni musik dengan menyanyikan lagu wajib, daerah dan
Nusantara dengan memainkan alat musik sederhana daerah setempat
Seni Tari
1.
Mengapresiasi dan
mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan gerak,
busana, dan perlengkapan tari daerah setempat
2.
Mengapresiasi dan
mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan gerak,
busana, dan perlengkapan tari Nusantara
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan
perpaduan karya seni tari dan musik Nusantara
Keterampilan
1.
Mengapresiasi dan
membuat karya kerajinan daerah setempat dengan teknik konstruksi
2.
Mengapresiasi dan
membuat karya kerajinan dan benda permainan dengan teknik meronce dan makrame
3.
Mengapresiasi dan
membuat karya kerajinan anyaman dengan menggunakan berbagai bahan
4.
Mengapresiasi dan
membuat karya benda mainan beroda dengan menggunakan berbagai bahan
L.
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD/MI
1.
Mempraktekkan gerak
dasar lari, lompat, dan jalan dalam permainan sederhana serta nilai-nilai dasar
sportivitas seperti kejujuran, kerjasama, dan lain-lain
2.
Mempraktekkan gerak
ritmik meliputi senam pagi, senam kesegaran jasmani (SKJ), dan aerobik
3.
Mempraktekkan gerak
ketangkasan seperti ketangkasan dengan dan tanpa alat, serta senam lantai
4.
Mempraktekkan gerak
dasar renang dalam berbagai gaya serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
5.
Mempraktekkan latihan
kebugaran dalam bentuk meningkatkan daya tahan kekuatan otot, kelenturan serta
koordinasi otot
6.
Mempraktekkan
berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di 19 luar sekolah
seperti perkemahan, piknik, dan lain-lain
7.
Memahami budaya hidup
sehat dalam bentuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengenal makanan
sehat, mengenal berbagai penyakit dan pencegahannya serta menghindarkan diri
dari narkoba
M. Bahasa Inggris SD/MI
1.
Mendengarkan
Memahami
instruksi, informasi, dan cerita sangat sederhana yang disampaikan secara lisan
dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
2.
Berbicara
Mengungkapkan
makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional sangat
sederhana dalam bentuk instruksi dan informasi dalam konteks kelas, sekolah,
dan lingkungan sekitar
3.
Membaca
Membaca
nyaring dan memahami makna dalam instruksi, informasi, teks fungsional pendek,
dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana yang disampaikan secara tertulis
dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
4.
Menulis
Menuliskan
kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ejaan dan
tanda baca yang tepat
Tulisan ini
bersumber dari:
litbang.kemdikbud.go.id/data/bsnp/
ninukdwiwuriyani.blogspot.sg
No comments:
Post a Comment