expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

KALENDER PENDIDIKAN TP 2017/2018 OKE

Salam Pendidikan sobat di tanah air.

Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Permulaan tahun pelajaran  adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran  untuk setiap tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.

Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh matapelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri. Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.

Fungsi Kalender Pendidikan adalah sebagai Berikut:
  •         Mendorong efektivitas dan efesiensi proses pembelajaran di Sekolah.
  •         Menyerasikan ketentuan mengenai hari efektif dan hri libur sekolah.
  •         Pedoman dalam menyusun kegiatan pembelajaran sekolah.
  •         Pedoman bagi guru untuk menyusun program tahunan, program semester, membuat    silabus    pembelajaran dan satuan acara pembelajaran.


Berikut ini Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang dapat dijadikan acuan dasar dalam pelaksanaan pembelajaran efektif pada jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Umum (SMU) atau sederajat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2017/2018 ini dibuat dalam MS Excel sehingga memudahkan pengguna untuk mengedit sesuai dengan kebutuhan sekolah masing-masing. Bagi rekan – rekan pendidik yang memerlukan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat diunduh pada link dibawah ini


Semoga Kalender Pendidikan ini berguna bagi kita semua. Semoga bermanfaat, salam pendidikan.
Sumber :
http://www.detikguru.com/2016/05/Kalender-Pendidikan-Lengkap-dengan-Penjelasan-Komponen-dan-Fungsinya.html
www.academia.edu/18743425/Pengertian_Kalender_Pendidikan


No comments:

Post a Comment