expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

8 TIPS SUKSES UJIAN PPPK/P3K 2019


Salam Pendidikan,

Apa Kabar sobat dan pengunjung setia blog foppsitungkaljaya.blogspot.com. Pada artikel saya kali ini akan memberikan Tips Sukses Ujian PPPK/P3K 2019. Sengaja saya mengusung tema ini agar rekan-rekan yang tahun 2018 gagal ujian CPNS, segera bangkit dengan semangat baru. walaupun gagal masih ada peluang bagi anda untuk menjadi Abdi Negara yakni sebagai Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja disingkat PPPK lebih familiar disebut dengan P3K. Harapan saya setelah anda membaca tuntas artikel ini memiliki wawasan yang cukup dalam menaklukkan ujian seleksi PPPK/P3K. Agar tidak berlarut-larut langsung saja berikut ini TIPS SUKSES UJIAN PPPK/P3K 2019:
 
1. Jangan Belajar Mendadak.
Jika anda memiliki cara memiliki cara belajar seperti Sistem Kebut Semalam atau sering kita sebut SKS menerut saya cara belajar ini lebih dekat ke arah kesia-siaan. Pada umumnya kurun waktu ideal yang perlu dilakukan antara 4 sampai dengan 7 bulan sebelum pelaksanaan ujian. Sebagaimana kita tahu bahwa belajar adalah seraangkaian aktifitas memahami yang erat kaitannya dengan penggunaan waktu. Bagaimana dengan waktu pendaftaran dan belajar kurang dari 1 bulan? Apakah masih terkejar dengan waktu yang relatif singkat ini? Tentu saja jawabannya bisa. Dengan catatan anda harus memiliki kemampuan dalam managemen waktu yang baik. 

2. Ciptakan Waktu Belajar.
Berbicara masalah peluang Keberhasilan ujian P3K, apakah saya mampu bersaing dengan pesaing-pesaing muda yang notabane “Fresh Graduate “?. Anda harus memiliki keyakinan dalam hati anda bahwa saya mampu dan layak lulus sebagai P3K. walapun saya tahu ada diantaranya yang sudah bekerja seharian berangkat pagi pulang malam. Anda hanya cukup meluangkan waktu kurang lebih 1 jam dalam sehari. Hal ini disebabkan waktu paling ideal yang digunakan oleh orang dewasa dalam belajar adalah 1 jam, sedikit saran gunakan waktu pagi hari sesetelah usai waktu sholat subuh. Pada kondisi waktu tersebut badan dan pikiran kita masih dalam keadaan segar. Besar kemungkinan banyak ilmu yang terserap. Jika menunggu waktu luang maka dapat dipastikan tidak akan pernah punya waktu untuk belajar. Waktu harus kita ciptakan, harus diluangkan, tetapi itu semua tergantung niat dan keseriusan anda dalam mengikuti ujian seleksi P3K. 

3. Membuat target  Belajar
Fokuskanlah pada materi-materi yang bakal diujikan, beruntung bagi anda yang pada tahun lalu tidak lulus seleksi CPNS, karena secara perhitungan lebih berpengalaman. Hanya saja perlu ditingkatkan lagi penguasaan materi dan waktu memahami sebuah naskah ujian. Menurut informasi yang saya peroleh bahwa materi ujian P3K hampir mirip dengan ujian seleksi CPNS, kita berharap passing gradenya diturunkan sehingga banyak pendaftar yang kesaring dan dinyatakan lulus. Dalam membuat target belajar anda bisa seperti ini, pada hari pertama anda akan belajar materi tentang sejarah, UUD 1945, wawasan kebangsaan, Pancasila, dan lain-lain. Hari Ke-dua anda belajar materi tentang Sinonim, antonim, matematika, penalaran, dan lain-lain. Untuk hari ke-tiga anda bisa menerapkan pola pada hari pertama, dan untuk hari ke-empat anda bisa menerapkan pola pada hari ke-dua. 

Disamping itu yang tidak kalah pentingnya adalah anda harus mendata materi apa saja yang perlu dipelajari secara detail sesuai dengan kelemahan dan keunggulan kemampuan anda. Jangan lupa anda petakan setelah itu buatlah jadwal target belajar. Yang tidak kalah penting adalah anda harus memiliki koleksi materi persiapan ujian P3K yang bisa anda beli pada took buku, bahkan dengan cara browsing di internet.

4. Membuat Rangkuman
Merangkum adalah cara yang ampuh dalam proses pembelajaran mengapa demikian? Kita tahun bahwa sebelum melaksanakan kegiatan merangkum tentunya sudah anda sudah membaca suatu materi atau paling tidak anda sudah memahami materi tersebut. Kemudian dituangkan ke dalam tulisan. Artinya sudah terjadi dua proses pembelajar yaitu membaca dan menulis. Anda bisa menggunakan kertas kecil/buku saku yang mudah dan praktis dibawa ke mana-mana. Serta dapat dibuka dimana saja anda mau, inilah salah satu manfaat merangkum bisa dijadikan pengingat yang baik. 

5. Gunakan Bantuan Google atau mesin pencari lainnya
Bentuk soal P3K hampir mirip dengan soal CPNS maka anda bisa dari tahun ke tahun itu-itu saja temanya. Hanya saja pertanyaannya yang dirubah. Yang terpenting adalah bentuk pola suatu soal yang perlu anda pahami. Bisa juga anda harus tahu kata kunci soal tersebut. Misalnya untuk materi tentang demokrasi Pancasila. Anda dapat melakukan pencarian di google dengan menggunakan kata kunci pencarian “ Demokrasi Pancasila” secara otomatis google akan menampilkan materi yang relevan dengan kata kunci yang anda masukkan ke dalam kolom pencarian google. Kegiatan ini menggambarkan secara tidak langsung ada penambahan penguasaan materi tentang “Demokrasi Pancasila” walapun kadang hal ini tidak kita sadari.

6. Mengikuti Bimbingan Belajar
Salah satu pilihan yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri kita dalam menghadapi ujian P3K adalah dengan cara mengikuti bimbingan belajar khusus persiapan ujian seleksi P3K. Dalam kegiatan bimbingan ini , kita dapat memantapkan materi yang anda kuasai dan beberapa aneka tips dalam mengerjakan soal. Caranya bagaimana sayakan kerja dari pagi sampai petang? Anda tidak perlu risau dengan kondisi anda yang sibuk. Sekarang jamannya era digital, hampir diseluruh lapisan masyarakat sudah menggunakan ponsel pintar. Di dalam ponsel pintar/android tersebut ada jejaring sosial seperti; facebook, mensenger, whatapps, telegram, bahkan google sendiri menyediakan produknya berupa google class yang bisa anda manfaatkan.


Pengalam saya, saya membuat group di whatsapp saya beri nama “ Kelas Lulus P3K MUBA”. Sistem kerja dalam group tesebut adalah dengan memposting sebuah pertanyaan yang isinya adalah Soal. Sementara anggota yang lain memberikan komentar tentang solusi, jawaban permasalahan soal tersebut. Group WA “ Kelas Lulus P3K MUBA”  beranggotan bukan saja berisi guru-guru dalam 1 kecamatan Tungkal Jaya dan sekitarnya  bahkan ada yang berasal dari luar kabupaten sebut saja ibu guru “Titin fitriyani” beliau berasal dari kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Dengan adanya group ini bisa meraih sukses bersama dengan belajar bersama. 

Dengan memanfaatkan jejaring sosial. Dari contoh di atas dapat saya tarik kesimpulan bahwa “ belajar itu dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja” hal ini sesuai dengan slogan Rumah Belajar Kemdikbud. Hanya memerlukan sedikit paket internet/data saja. 

7. Practise Make Perfec
Itu adalah pepatah jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia kurang lebih artinya “ Pengalaman adalah guru yang terbaik”. Jika anda menemukan permasalahan  yang sama, maka pada umumnya perintah pengerjaannya pu sama. Tidak menutup kemungkinan tips dan trik pengerjaannya pun sama juga. Pada kondisi ini anda tidak perlu susah payah memahaminya polanya , anda akan memiliki waktu yang lebih cepat dalam pengerjaannya.

Perbanyak kegiatan tryout ujian guna menghadapi ujian. Hal ini mempunyai tujuan seberapa efektifkah penggunaan waktu anda dalam menjawab soal. Misalkan kerjakan 10 nomor soal, buat target waktu pengerjaan misalnya 10 menit. Silahkan anda analisa berapa soal yang anda jawab dengan jawaban benar dan berapa soal yang jawabannya salah. Berapapun hasilnya itulah kemampuan anda. Gunakanlah informasi ini secara bijak untuk meningkatkan peforma untuk menjawab soal dengan target soal terjawab dengan benar dan waktu pengerjaan secepat mungkin, sesuai dengan target waktu yang anda buat.Jawablah soal yang anda anggap mudah untuk dikerjakan. Hal ini bertujuan menghemat waktu, dari pada anda memikirkan soal yang belum tentu anda tahun kebenaran jawaban ada/ragu-ragu.

8.  Berdo’a sebelum dan sesudah UjianTips yang terakhir ini sangatlah penting dan besar pengaruhnya terhadap keberhasilan anda dalam mengarungi kompetisi seleksi ujian P3K. Berdo’a adalah pengharapan kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam mengikuti ujian dan berhasil lulus. Minta dido’akan oleh orang-orang yang anda sayangi sepertijika anda sudah berkeluarga minta dido’akan oleh suami/istri, kedua orangtua, Ustad, teman sejawat, dan lain-lain.

Sekian artikel saya tentang “Tips Sukses Ujian PPPK/P3K 2019” semoga artikel ini bisa mengantarkan rekan-rekan semua untuk lulus ujian seleksi. Semoga berguna bagi kita semua. Suatu kesuksesan akan diperoleh jika anda mau bekerja keras dan berdo'a dengan sungguh-sungguh.

Terima kasih atas kunjungan anda, tinggalkan pesan atau komentar pada blog foppsitungkaljaya.blogspot.com tapi yang sopan ya. Anda juga bisa berlangganan informasi di blog ini dengan cara mengikuti/follow dengan akun google anda. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya. Salam Data Tepat Data Akurat

No comments:

Post a Comment