expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

DOWNLOAD APLIKASI DAPODIK PAUD OFFLINE SEMESTER GENAP TP 2018/2019

Salam Pendidikan,
Pada artikel kali saya akan membagikan berkaitan dengan Aplikasi Dapodik PAUD Offline versi 3.4.0 telah dirilis. Pada Hari ini Rabu tanggal 06 Februari 2019 sebagaimana telah dirilis pemberitahuannya pada laman resminya https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik-paud/rilis-aplikasi-dapodik-paud-offline-versi-3-4-0/ hal tersebut sebagai jawaban bagi satuan pendidikan yang mengalami kendala berkaitan dengan jaringan internet. Dengan kata lain ini memberikan kesempatan kepada rekan-rekan operator Sekolah khususnya Paud yang terkendala jaringan bisa mengisi secara offline seperti halnya semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019.

Pada aplikasi versi ini terdapat formulir penilaian kerusakan ruang/bangunan yang telah diperbaharui, mohon pelajari terlebih dahulu panduan penilaian kerusakan bangunan yang kami sediakan pada link berikut https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2019/02/Panduan_Kerusakan_Bangunan.pdf


Pengguna yang menggunakan Dapodik Offline dapat beralih menggunakan Dapodik Online dan sebaliknya, berulang-ulang. Ubah metode sinkronisasi melalui Aplikasi Manajemen (http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id).

Pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, tingkat keterisian agregat data infrastruktur pembelajaran terkait dengan intensitas kerusakan bangunan yang masuk dalam Dapodik PAUD dan Dikmas sangat rendah, hanya berkisar 19,11%. Sisanya 80,89% mengisi field data dengan angka Nol atau membiarkannya kosong. Sebagai konsekuensi, angka Nol dan field yang kosong tersebut dalam sistem Dapodik kemudian dibaca sebagai tidak ada kerusakan infrastruktur pembelajaran pada SPNF dan PAUD bersangkutan, artinya tidak ada kebutuhan rehabilitasi atau renovasi infrastruktur karena semuanya masih baik dan memadai untuk kegiatan belajarmengajar. 

Situasi tersebut tidak konsisten dengan semakin meningkatnya usulan dana DAK Fisik untuk SKB dan PAUD dari tahun ke tahun. Karena itu, saya menyambut baik adanya naskah Panduan Penilaian Kerusakan Bangunan untuk SPNF SKB dan PAUD di Lingkungan Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud. Naskah ini bisa disebut juga sebagai “panduan teknis penilaian tingkat kerusakan bangunan oleh orang awam”, sebagai suatu upaya agar setiap lembaga SPNF dan PAUD mampu melakukan analisis kondisi dan mengisi data kerusakan bangunan yang dimilikinya pada aplikasi Dapodik secara benar. Pada gilirannya nanti, kelancaran input pada agregat data di level operator akan berkontribusi pada meningkatkan reliabilitas Dapodik PAUD dan Dikmas sebagai sumber data yang akuntabel dan up to date, sehingga dapat menjadi dasar pengambilan keputusan strategis dalam perencanaan, pembangunan pendidikan yang matang dan berkualitas.

Bagi rekan-rekan operator sekolah jenjang PAUD yang memerlukan aplikasi Dapodik Paud Versi 3.4.0 dapat anda Download pada link dibawah ini. Sengaja saya berikan Link alternatif jika anda kesulitan mendowload pada situs aslinya. 



Semoga Bermanfaat.Selamat melakukan pendataan, terima kasih.

sumber :
https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik-paud/rilis-aplikasi-dapodik-paud-offline-versi-3-4-0/

No comments:

Post a Comment