expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

KENALI SOAL PPPK TAHAP I

Salam Pendidikan, 


Selamat sore sobat pengunjung setia blog ini. Pada kesempatan ini saya akan mengulas "Kenali Soal PPPK Tahap I". Bagi anda yang sudah daftar Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK)/P3K tentunya artikel ini sangat bermanfaat. Suatu hal atau pekerjaan jika kita kenali dengan baik, maka akan membawa dampak yang luarbiasa untuk menuju kesuksesan. Pengenalan yang baik juga diperlukan dalam persiapan,perencanaan, pengerjaan bahkan tidak menutup kemungkinan untuk pengevaluasian. Begitu juga dengan pelaksaanaan ujian seleksi Kompetensi perekrutan Pengawai Pemerintah Perjanjian Kerja Tahap I ini.

Sesuai dengan tahapan seleksi administrasi yang telah anda lalui, dan anda dinyatakan Lulus. tahapan selanjutnya adalah ujian test kompetensi. Untuk cara unduh nomor peserta sudah saya posting pada artikel sebelumnya. Bahwa pelaksanaan, waktu dan jadwal akan di umumkan pada website resmi BKPSDM Kabupate/Kota di mana anda melamar. Sesuai Jadwal bahwa ujian akan dilaksanakan pada tanggal 23 sampai dengan 24 Februari 2019.

Baiklah rekan-rekan peserta ujian seleksi komptensi PPPK Tahap I itu berbeda dengan ujian CPNS. Waktu yang diperlukan oleh peserta seleksi adalah 100 Menit. Gunakan waktu dengan baik, kerjakan terlebih dahulu soal yang anda anggap dengan mudah dipahami serta mudah dijawab. Karena semakin lama anda terpaku pada soal yang sulit atau ragu-ragu secara otomatis waktu akan terbuang dengan sia-sia.

Jumlah Soal pada test Kompetensi ini sebayak 100 butir soal. berdasarkan penjelasan saya berkaitan dengan waktu pengerjaan soalnya dapat  dihitung rata-rata waktu yang diperlukan menjawab 1 butir soal adalah kurang lebih 1,11 menit. Semua soal yang diujikan adalah jenis soal pilihan ganda. Dari soal tersebut terbagi menjadi 3 jenis soal antara lain dapat diuraikan sebagai berikut:
  1. Soal Teknis 40 Butir Soal;
  2. Soal Manajerial 40 Butir Soal;
  3. Sosio Kultural 10  butir Soal;
  4. Wawancara 10 butir soal, (pada butir ini memiliki waktu khusus yakni 20 menit) test wawancara juga mengunakan test berbasis komputer.
Jadi total waktu anda untuk menyelesaikan semua soal di atas adalah 2 jam (120 Menit). Soal teknis jika anda menjawab dengan benar (B) maka nilainya 3, sedangkan jika anda menjawab dengan jawaban salah (S) makan nilainya adalah 0, Nilai Maksimum yang akan anda peroleh adalah 120. Dengan perhitungan skor maksimal, 40 x 3 = 120 skor soal teknis.

Soal manajerial jika anda menjawab dengan benar (B) maka nilainya 1, sedangkan jika anda menjawab dengan jawaban salah (S) makan nilainya adalah 0, Nilai Maksimum yang akan anda peroleh adalah 40. Dengan perhitungan skor maksimal, 40 x 1 = 40 skor soal Manajerial.

Soal Sosio Kultural jika anda menjawab dengan benar (B) maka nilainya 2, sedangkan jika anda menjawab dengan jawaban salah (S) makan nilainya adalah 0, Nilai Maksimum yang akan anda peroleh adalah 20. Dengan perhitungan skor maksimal, 10 x 2 = 20 skor soal Kultural.


Soal Wawancara jika anda menjawab dengan benar (B) maka nilainya 3,2,1 sedangkan jika anda menjawab dengan jawaban salah (S) makan nilainya adalah 0, Nilai Maksimum yang akan anda peroleh adalah 30. Dengan perhitungan skor maksimal, 10 x 3 = 30 skor soal wawancara. Untuk mempermudah pemahaman anda perhatikan gambar tabel skor yang diperoleh oleh seorang peserta test wawancara di bawah ini.


gambar tabel skor perolehan peserta wawancara
Pada tahap pengerjaan soal wawancara bahwa setiap jawaban benar memiliki jumlah nilai yang berbeda-beda. Silahkan anda pilih jawaban yang memiliki skor tertinggi agar anda mendapat skor yang maksimal pada sesi ini. Sedikit bonus dari saya jika ada pertanyaan pada butir soal wawancara yang menanyakan kenapa anda ingin menjadi ASN 2019 maka jawabannya adalah " Saya akan melayani masyarakat khususya dalam bidang jabatan yan anda lamar. (Tenaga Kesehata, Guru, dll).

Demikian artikel saya seputar "Kenali Soal PPPK Tahap I" semoga memberikan manfaat bagi kita semua. sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.

Sumber: https://drive.google.com/file/d/18SDlKXQ_lrxj4A_whTWrx3SsV68xmtoX/view




No comments:

Post a Comment