expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

DOWNLOAD MANUAL PENDATAAN CPUN ONLINE SD TP 2018/2019 FINAL

SALAM PENDIDIKAN

DOWNLOAD MANUAL PENDATAAN CPUN ONLINE SD TP 2018/2019 FINAL 

Apa kabar kawan-kawan operator pendataan khususnya untuk Sekolah Dasar, semoga diberi nikmat kesehatan sehingga masih bisa berkarya di bidang pendidikan melalui pennyajian data yang tepat dan akurat. Pada kesempatan ini saya melalui artikel yang saya tulis berkaitan dengan "DOWNLOAD MANUAL PENDATAAN CPUN ONLINE SD TP 2018/2019 FINAL". Dengan rilisnya buku manual online SD 2019 pada tanggal 23 Oktober 2018 diharapkan dapat menjadi panduan bagi kita operator sekolah dalam mendata peserta didik khususnya kelas 6 sebagai calon peserta ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019. yang mana pendataan Calon Peserta Ujian Nasional untuk Sekolah Dasar pada tahun ini berbasis online. Buku Manual Pendataan ini dikembangkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan dengan menggunakan  sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional secara Daring 2019 SD/MI. Sistem ini  merupakan pengembangan lebih lanjut untuk sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Daring 2018 SD/MI.

Seiring dengan pergerakan waktu, kebutuhan rekap data calon peserta UN yang lebih awal, serta berkembangnya teknologi yang mudah didapat, diakses  dan  digunakan  pada  lingkungan  pendidikan,  kami  merasa  perlu merubah tata cara dalam melakukan pendataaan yang di gunakan pada sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Daring 2018 SD/MI. Karena hal tersebut kami membuat “Panduan Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019” untuk mempermudah penggunaannya.

DOWNLOAD MANUAL PENDATAAN CPUN ONLINE SD TP 2018/2019 FINAL Buku panduan ini merupakan kombinasi  beberapa  modul  Sistem  Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Daring 2019, yang khusus membahas pendataan calon peserta secara online. Selain itu buku ini dapat dimanfaatkan sebagai pegangan atau referensi bagi Operator pendataan pendidikan/tenaga-tenaga teknis komputerisasi Ujian Nasional di seluruh Indonesia dalam mengatasi permasalahan dalam pengoperasian program ini. 

SPESIFIKASI

A.  Spesifikasi Hardware
Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi komputer yang akan digunakan untuk melakukan proses pengentrian ke dalam sistem Pendataan online. Dimana spesifikasi tersebut akan dibagi menjadi 2 yaitu sepesifikasi perangkat keras (Hardware) dan spesifikasi perangkat lunak (Software). Untuk perangkat keras sebaiknya komputer yang digunakan tidak akan terasa lambat dalam menjalankan aplikasi atau pun menampilkan informasi dari internet, bebas virus atau pun gangguan lainnya yang disebabkan oleh perangkat keras ataupun sistem operasinya. Berikut Rekomendasi untuk Perangkat Keras dan Perangkat Lunak.

1.Perangkat Keras
Sebaiknya menggunakan komputer dengan spesifikasi minimum : Prosesor :   Pentium III dan diatasnya (atau AMD Athlon XP)
Memori    :   128 MB
Adapter   :   VGA 16 Bit (32 Mb) dengan resolusi 1024 x 800
Printer     :   Laser jet / Deskjet (printer tinta atau laser)

2.  Perangkat Lunak
Dalam hal ini lebih menunjuk ke dalam sistem operasi (OS) yang digunakan minimum Windows XP Home / Profesional Edition

B.  Spesifikasi Software
Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi aplikasi yang harus tersedia  atau  terinstall  di  dalam  komputer  user  yang  berhubungan dengan proses pengentryan data.

1.  Browser Internet
Merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman  web  yang  berhubungan  dengan  proses pengentrian data, pengolahan atau pengeditan data. Browser ini sangat diperlukan karena modul-modul dalam sistem Pendataan Calon Peserta US/M daring adalah berupa halaman web yang diletakkan pada situs World Wide Web (www). Sehingga memungkinkan user melakukan proses entry pendaftaran siswa melalui jaringan internet tanpa harus menggunakan aplikasi khusus. Detail spesifikasi browser yang disarankan adalah : Nama Browser :   Mozilla Firefox Versi Terbaru Produksi           :  Mozilla

2.  Microsoft Excel
Merupakan suatu aplikasi keluaran Microsoft Corporation yang digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentuk spreadsheet. Aplikasi ini dibutuhkan untuk mendukung sistem Pendataan Calon 

Peserta US/M daring karena Laporan yang dihasilkan ada dalam bentuk  xls  (entension  dari  microsoft  excel).  Sehingga  dengan bantuan  atau  fitur-fitur  yang  tersedia  di  microsoft  excel memungkinkan Anda untuk mempercantik bentuk tampilan laporan sebelum Anda mencetaknya.
Detail spesifikasi minimum yang diminta adalah:
Nama               :   Microsoft Excel versi 2000 atau diatasnya
Produksi           :   Microsoft

MEMULAI SISTEM PENDATAAN 
A.  Proses Login
Tampilan Form Login Pertama-tama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan proses pengentrian data siswa adalah melakukan login ke dalam sistem. Untuk login ini Anda harus mengetahui username dan password yang telah diberikan. Prosedur Login, adalah :
  1. Pada saat pertama kali dibuka maka Anda akan berada di halaman web form login
  2. Masukkan   Username   pada   kolom   User   Name   dan password pada kolom Password 
  3. Masukkan kode Captcha sesuai dengan yang muncul di layar pada kolom Security Code/Kode Pengaman
  4. Klik  tombol Login.  Bila muncul pesan kesalahan berarti Anda  salah  memasukkan  User  Name  atau  Password, Anda harus mengulangi pengisiannya
  5. Selanjutnya bila telah berhasil login Anda akan di bawa ke modul Utama Sistem yang berisi Informasi pengguna yang sesuai dengan profil Anda.

B.  Halaman Utama
Setelah  proses  login  berhasil,  Halaman  Utama  merupakan  halaman pertama kali muncul.Halaman Utama menyajikan informasi yang dikirimkan oleh Admin Pusat dan Admin Provinsi.Beberapa tampilan yang perlu diperhatikan pada tampilan ini :
  1. Kolom Berita
  2. Bagian Menu. Menu merupakan navigasi untuk menuju ke fasilitas yang ingin di aktifkan. Menu-menu pada aplikasi pendataan ini diperlihatkan pada gambar di bawah ini:
C.  Actions (Menu Utama)
Modul Actions berisi beberapa menu diantaranya Home, Upload dan Download.
  1. Dashboard Menu  Dashboard/Home  digunakan  untuk  kembali  ke  Halaman Utama dari aplikasi Pendataan.
  2. Upload dari Dapodik/Emis Menu Upload merupakan fasilitas yang digunakan untuk mengupload Data Siswa. Upload data tersebut menggunakan file data hasil dari pendataan Dapodik (untuk jenjang SD, dengan ekstensi dz) atau dari pendataan Emis (untuk jenjang Madrasah, dengan ekstensi ez). Adapun tampilan dari Menu Upload sebagai berikut :
Langkah-langkah mengupload data :
  1. Pilih Provinsi
  2. Pilih Kabupaten/Kota
  3. Klik Tombol Tambah
  4. Pilih Berkas yang akan di Upload
  5. Pilih Sekolah
  6. Klik tombol Upload jika berkas sudah ditambahkan.
  7. Untuk menghapus gunakan tombol Hapus 
3)  Download
Menu Download merupakan fasilitas yang digunakan sebagai sarana untuk men-Download data. Dalam Menu Download terdapat dua pilihan yaitu Sekolah dan Siswa.
Langkah-langkah mendownload data:
a)  Download Sekolah
•   Pilih Provinsi
•   Pilih Kabupaten/Kota
•   Klik Tombol Download

b)  Download Siswa
•   Pilih Provinsi
•   Pilih Kabupaten/Kota
•   Pilih Mulai untuk mengatur data sekolah awal yang akan didownload 
•   Pilih Sampai untuk mengatur data sekolah terakhir yang akan didownload
•   Klik Tombol Download

D.  Data Master
Pada modul Data Master ini terdapat empat menu, yaitu Provinsi, Kabupaten/Kota,   Sekolah   dan   Siswa.   Tidak   semua   User   dapat melakukan penambahan, pengubahan dan penghapusan terhadap data master. Hanya User Pusat yang punya hak akses penuh terhadap data master.

1)  Provinsi
Menu Provinsi digunakan untuk mensetup data provinsi, untuk user pusat bisa menambah, mengubah dan menghapus, sedangkan user provinsi hanya bisa mengubah provinsi tersebut  saja,  untuk  user kabupaten dan sekolah hanya bisa melihat.

2)  Kabupaten/Kota
Menu Kabupaten/Kota digunakan untuk mensetup data Kabupaten/ Kota. Untuk user pusat dan provinsi bisa menambah, mengubah dan menghapus, sedangkan user kabupaten hanya bisa mengubah kabupaten/kota tersebut saja. Dalam menu Kabupaten/Kota terdapat dua tombol yaitu Edit (Kabupaten/Kota) dan Sub Rayon. Langkah-langkah pengisian data Kabupaten/Kota:
a)  Klik Tombol Baris data yang akan diubah,
b)  Isi Data Dinas, Kontak dan SKHUN dengan benar
c)  Klik Tombol Simpan jika data sudah terisi dengan benar. 

3)  Sub Rayon
Menu Sub Rayon digunakan untuk mensetup data Sub Rayon atau satuan UPTD atau kecamatan. Untuk user pusat, provinsi, dan rayon bisa menambah, mengubah dan menghapus, sedangkan user sekolah tidak hanya bisamelihat sub rayon. Langkah-langkah pengisian data Sub Rayon:

a)  Klik Menu Sub Rayon untuk mengisi dan Sub Rayon, kemudian akan muncul Form
     sebagai berikut:
b)  Klik Tombol Buat Baru untuk menambahkan c)  Isi data di bagian Grid
d)  Klik Tombol Simpan jika data sudah terisi dengan benar.
e)  Untuk menghapus Klik Tombol Hapus 

4)  Sekolah
Menu Sekolah merupakan fasilitas yang digunakan sebagai sarana untuk pengisian data Sekolah, untuk menampilkan data sekolah pilih Provinsi dan Kabupaten/Kota.
Langkah-langkah pengisian data Sekolah :
a)  Klik data sekolah yang ada di grid untuk mengubah data tersebut
b)  Klik Tombol Simpan untuk menyimpan data yang sudah diubah. 

E.  Data Peserta
1)  Biodata Peserta
Menu Biodata Peserta merupakan fasilitas yang digunakan sebagai sarana  untuk  pengisian  data  siswa  yang  dimiliki  oleh  sekolah tertentu. Untuk menampilkan data siswa pilih Provinsi, Kabupaten/ Kota dan Sekolah.
Langkah-langkah pengisian data Sekolah :
a)  Klik data sekolah yang ada di grid untuk mengubah data tersebut b)  Klik Tombol Simpan untuk menyimpan data yang sudah diubah. 

2)  Generate Nomor Peserta
Menu Generate Nomor Peserta merupakan fasilitas yang digunakan untuk pengisian atau pembuatan nomor peserta ujian. Untuk pemberian nomor peserta wewenang hanya untuk user Provinsi.

F.  Rekap dan Laporan
Modul Rekap merupakan fasilitas yang digunakan untuk melihat dan mencetak laporan. Dalam modul rekap terdapat beberapa menu diantaranya Rekap Sekolah, Siswa, Kelas dan Sampul:
1)  Satuan Pendidikan
Rekap Satuan Pendidikan digunakan untuk menampilkan dan mencetak jumlah sekolah, untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam gambar di bawah ini.Untuk  melihat  rekap  sekolah  Pilih  Kategori  Rekap,  Provinsi  dan Rayon kemudian Klik Tombol Tampilkan maka akan muncul tampilan sebagai berikut:Untuk Mencetak Gunakan Tompol Print dan untuk mengexport ke dalam format Excel gunakan Tombol Excel

2)  Siswa
Rekap Siswa digunakan untuk menampilkan dan mencetak jumlah siswa per sekolah, untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam gambar di bawah ini.
Untuk melihat rekap siswa Pilih Kategori Rekap, Provinsi, Kabupaten/Kota, Status dan Jenis sebagai Filter kemudian Klik Tombol Tampilkan maka akan muncul tampilan sebagai berikut:Untuk Mencetak Gunakan Tompol Print dan untuk mengexport ke dalam format Excel gunakan Tombol Excel

3)  Kelas dan Sampul
Rekap Kelas dan Sampul digunakan untuk menampilkan dan mencetak jumlah Siswa, Ruangan dan Sampul, untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam gambar di bawah ini.Untuk melihat rekap kelas dan sampul Pilih Provinsi dan Kabupaten/ Kota sebagai Filter kemudian Klik Tombol  Tampilkan maka akan muncul tampilan sebagai berikut:Untuk Mencetak Gunakan Tompol Print dan untuk mengexport ke dalam format Excel gunakan Tombol Excel

4)  DNS dan DNT
Laporan DNS dan DNT digunakan untuk menampilkan data nominasi baik sementara maupun tetap, untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam gambar di bawah ini.Untuk melihat DNS dan DNT Pilih Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai Filter kemudian Klik Tombol Tampilkan maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

5)  Kartu Peserta
Laporan  Karu  Peserta  digunakan  untuk  menampilkan  data  Kartu
Peserta, untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam gambar di bawah ini.
Untuk melihat DNS dan DNT Pilih Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai Filter kemudian Klik Tombol Tampilkan maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

G.  Kelengkapan Data
Modul Kelengkapan Data digunakan untuk melihat rekap Kelengkapan Data yang sudah diupload atau dientry. Dalam Modul Kelengkapan Data terdapat beberapa menu diantaranya (Sekolah Belum Upload, Sekolah Belum Lengkap dan Siswa Belum Upload).

1)  Sekolah Dengan Siswa Kosong
Menu Sekolah dengan siswa kosong digunakan untuk menampilkan
Rekap Data Sekolah yang memiliki jumlah siswa kosong. Sekolah dengan siswa kosong dapat terjadi dikarenakan beberapa hal, diantaranya belum melakukan upload data, sekolah tutup (tidak mengikuti UN) dan lain sebagainya. Untuk melihat rekap Sekolah Belum Upload Pilih Provinsi, Rayon, Status Sekolah dan Jenis Sekolah sebagai Filter kemudian Klik Tombol Tampilkan maka akan muncul tampilan sebagai berikut: Untuk Mencetak Gunakan Tompol Print dan untuk mengexport ke dalam format Excel gunakan Tombol Excel

2)  Sekolah Belum Lengkap
Menu Sekolah Belum Lengkap digunakan untuk menampilkan Rekap
Data Sekolah yang belum lengkap.Untuk melihat rekap Sekolah Belum Lengkap Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Status Sekolah dan Jenis Sekolah sebagai Filter kemudian Pilih Kolom yang akan di cek kelengkapan datanya, Klik Tombol Tampilkan maka akan muncul tampilan sebagai berikut: Untuk Mencetak Gunakan Tompol Print dan untuk mengexport ke dalam format Excel gunakan Tombol Excel

3)  Siswa Belum Lengkap
Menu Siswa Belum Lengkap digunakan untuk menampilkan Rekap
Data Siswa yang belum lengkap.Untuk melihat rekap Sekolah Belum Lengkap Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota dan Sekolah sebagai Filter kemudian Pilih Kolom yang  akan  di  cek  kelengkapan  datanya,  Klik  Tombol  Tampilkan maka akan muncul tampilan sebagai berikut:Untuk Mencetak Gunakan Tompol Print dan untuk mengexport ke dalam format Excel gunakan Tombol Excel

H.  Tools
Modul Tools digunakan untuk mensetup Informasi Akun, dalam Modul
Tools terdapat beberapa menu diantaranya (My Account dan Logout)
1)  My Account
My Account digunakan untuk mengubah informasi akun yang sedang login. Langkah-langkah mengubah informasi Akun:
a)  General digunakan untuk mengubah Nama Lengkap, Email dan
Telepon
•   Masukan Data yang akan diubah
•   Klik Tombol Save untuk menyimpan data

b)  Password digunakan untuk mengubah password
•   Jika ingin mengubah password ceklis Kolom Ganti Password
•   Masukan Password Lama
•   Masukan Password Baru
•   Masukan Password Baru Sekali Lagi
•   Klik Tombol Save untuk menyimpan password

2)  Logout
Menu Logout digunakan untuk keluar dari Aplikasi Pendataan dan menghapus session yang sedang berjalan.

Semoga dengan adanya buku ini dapat dipahami sebagai panduan dalam pendataan calon peserta ujian nasional untuk Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Buat rekan-rekan Operator Pendataan Pendidikan yang memerlukan "MANUAL PENDATAAN CPUN ONLINE SD TP 2018/2019 FINAL" dapat diunduh pada Link di bawah ini.


Semoga dengan adanya buku ini dapat dipahami sebagai panduan dalam pendataan calon peserta ujian nasional untuk Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Terima kasih semoga bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa tinggalkan komentar yang bersifat membangun.



No comments:

Post a Comment