expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Tips menulis di blog

~Pada saat menulis diblogger untuk pertama kalinya anda mendapat sebuah komentar, seketika anda akan merasa senang. Apalagi isi komentarnya bersifat positif tentunya menjadi kebanggaan tersendiri. Kualitas tulisan pada blog sangat ditentukan oleh penulis itu sendiri. Sebagai seorang penulis blogger harus memiliki kemampuan yang perlu yang secara terus menerus perlu dikembangkan.

setiap blogger memiliki keinginan tulisan yang dibuat akan dibaca atau dikunjungi banyak orang. Pertanyaannya “bagaimana caranya supaya blog kita dikunjungi oleh banyak orang dan memberikan komentar yang pantas ?”. tentunya perlu strategi yang jitu. Dengan kata lain memerlukan berberapa tips untuk menjawab pertanyaan di atas. Berikut ini beberapa tips agar tulisan kita sesuai dengan harapan dan rencana. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Bergabunglah anda dengan komunitas Blogger.
Dengan bergabung dengan komunitas blogger anda telah membuat jaringan sosial yang bermanfaat sekali. Membangun komunikasi dengan blogger yang lain, saling bertukar informasi, pengalaman. Perlu diingat dalam memilih komunitas blogger yang sesuai dengan blog yang anda miliki. Jika blog anda berisi tentang pendidikan maka bergabunglah dengan komunitas yang membahasa tentang dunia pendididkan. 

Perbanyak kegiatan blogwalking.
Blogwalking sangat diperlukan untuk kelangsungan kehidupan blog anda. Jangan menutup diri terhadap blog orang lain, jangan pernah berharap artikel anda mendapat kunjungan orang jika anda sendiri tidak pernah berkunjung ke blog orang lain. Perlu diingat etika ketika kita berkunjung ke blog orang lainnya, setelah anda membaca atau melihat informasi anda perlu meninggalkan pesan atau komentar sehingga penulis blog tersebut merasa dihargai. Jangan pelit berkomentar. Lakukan kegiatan ini secara rutin, semakin banyak blog yang anda kunjungi maka semakin banyak wawasan yang anda peroleh.

Jangan takut berlatih menulis
Anda jangan heran jika pengunjung blog anda semakin menurun grafiknya. Perlu intropeksi diri. Dalam menulis jangan monoton hal ini akan membuat pengunjung akan merasa bosan bahkan akan beralih ke blog lain yang lebih berkualitas.

Menulis itu tidak seperti “mie instan” , mie instan sebelum dimakan perlu direbus/digoreng, dimasak dulu agar lebih enak untuk dimakan. Tidak serta merta dimakan secara langsung. Begitu juga menulis perlu latihan secara terus menerus tanpa kenal lelah. Semakin sering berlatih tulisan diblog akan semakin bagus. 

Perbanyak membaca buku
Seorang penulis terkenal mengatakan “ seorang penulis akan bagus jika memiliki sifat rakus membaca”. Rakus disini memiliki arti semakin banyak membaca buku akan semakin banyak ide, kosakata yang dikuasainya. Penulis tidak akan kehabisan ide, gagasan yang akan dituangkan dalam karya tulisnya. Dalam sehari berapa waktu yang anda butuhkankan dalam membaca buku.

Sekarang ini zaman sudah modern tak perlu harus pergi ke perpustakaan untuk mendapatkan buku lalu membacanya. Sebagai gantinya bisa dilakukan dengan membaca perpustakaan online. Bisa dilakukan dimana saja, yang terpenting ada koneksi internet. Hanya saja perlu paket data, atau bisa jadi pakai wifi gratis. 

Demikian beberapa tips menulis diblog. 
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua 

Sumber : 
http://www.warungblogger.org/2017/04/kiat-menulis-postingan-blog.html


No comments:

Post a Comment